Minggu, 31 Mei 2015

Lezech (fiLE siZE CHecker) v0.0.1

Jadi ceritanya dimulai pas kemaren aku nonton film Ex Machina. Film sci-fi robotika ini, seperti film-film sejenis yang banyak diproduksi sekarang, selalu mengandung pesan moral bahwa implementasi kecerdasan buatan yang kebablasan bisa membuat mesin / robot suatu saat bisa mengambil alih dunia dan memusnahkan penciptanya yakni manusia itu sendiri. Entah dari banyak film-film tersebut, seperti semua penulisnya mempunyai kekhawatiran yang sama untuk hal itu. Tapi jelas bukan tentang film nya yang mau aku tulis disini, dan cukup segini intermezonya :p

 

Nah pas di film itu sang programmer (yang bikin robot) yang aku lihat menulis kodenya pake bahasa python. Aku sendiri sebenarnya gak yakin itu python, atau .net atau c++ atau yang lain. Tapi asumsiku itu python dan itu keren. Titik. :D

Dari situ, aku mulai browsing-browsing ular raksasa bahasa ini. Dan kebetulan aku sedang kepikiran membuat program simple yang bisa nunjukin daftar file yang sudah diurutkan dari besar ke kecil dari suatu folder. Itu sangat berguna pas kita kebetulan lagi kehabisan free space di hardisk dan bingung file mana yang sebaiknya disingkirkan dan di-bumi-hanguskan sampai 7 turunan (oke, lebay kayak sinetron indonesia).

Oke, jadi bisa nih pakai python. Toh dia juga punya library GUI bawaan sendiri. Meski gak secantik java swing juga sih, tapi cukup lah mengingat aplikasi ini bukan aplikasi yang bakal dipantengin user seharian kayak facebook atau twitter (aku gak punya twitter, jadi ini aku lagi sok tau aja).

Terus aku putusin untuk pindah ke lain hati pake python versi 3 aja. Disamping untuk mendukung gerakan move on komunitas pengguna python yang dirasa alot buat pindah dari versi 2 ke 3, juga karena aplikasi ini jelas gak butuh library yang aneh-aneh atau jadul atau gak mau move-on dan terus menerus memakai versi 2. Oke, logis. Langsung saja ini skrinsutnya (di os ubuntu lxde, di windows mungkin banyak berbeda):



Idenya simple: pilih direktori -> klik tombol -> liat hasil.

Tadinya aku mau bikin pake tabel, eh ternyata tkinter (library GUI bawaan python) -nya gak punya widget table. Jadi tak-akalin dulu pake list. Kapan-kapan aku update lagi pake tabel (kalo ada waktu) :p

Yang jelas masih banyak fitur yang kurang, misal buka foldernya langsung pake double klik di list, atau hapus file langsung dari list nya itu, dsb.

Buat yang mau liat-liat kodenya, atau ikut nambah fitur / bug fixing (boleh banget) bisa cek disini:

https://github.com/adityanuar/lezech


Thanks,

1 komentar:

  1. kalo ex machina emang ngeri yah ngeliat AI ini.
    lebih fun to watch nonton chappie (karena mungkin lebih drama) walopun di chappie juga sama sih pro-kontra AI. eh tapi endingnya chappie juga bikin geleng2 kepala sih hahaha.
    *malah ngebahas film

    BalasHapus